Kamis, 15 November 2018

BELIMBING (AVERRHOA CARAMBOLA) 
       Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas seperti bintang. Tumbuhan ini berasal dari Indonesia,India,dan Srilanka. Belimbing sudah tersebar luas di berbagai Negara khususnya Asia Tenggara. Pohon belimbing memiliki daun berbentuk menyirip dengan bunga warna merah muda. Pohon ini tidak membutuhkan cahaya matahari terlalu banyak. 
       Buah belimbing memiliki warna hijau jika masih muda dan oranye jika sudah matang. Tumbuhan ini memiliki biji kecil kecil berwarna coklat. Rasa buahnya masam dengan kandungan Vitamin C. Jenis belimbing lain yaitu belimbing wuluh yang digunakan sebagai bahan masakan. Demak adalah Kota di Indonesia yang memiliki produksi belimbing terbesar. 
       Manfaat belimbing diantaranya untuk minuman seperti jus buah. Selain itu pada beberapa Negara belimbing dijadikan acar teh. Belimbing juga digunakan sebagai kecantikan untuk kulit. Selain itu tanaman ini juga digunakan untuk obat tradisional seperti,tekanan darah tinggi,susah buang air besar,sakit malaria,dan menyembuhkan batuk. 
       Dengan manfaat dan khasiat belimbing ini,kita juga harus membudidayakannya. Cara membudidayakannya cukup mudah. Yang pertama memilih pohon yang terbukti bagus,dan rendam akar pada air selama satu malam. Setelah itu pohon belimbing ditanam pada media tanah dan harus disiram secara rutin. 
       Cara pembudidayaan tanaman tersebut sangat mudah. Walau tanaman ini sangat banyak di jumpai kita harus tetap melestarikan. Oleh karena itu, mari bersama sama menanan pohon ini untuk kebutuhan sendiri. Yang dapat disimpulkan, menanam lebih baik dari pada memakai dan menghabiskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUDAYAAN TRADISIONAL YANG SEMAKIN DILUPAKAN             Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai bermacam-macam budaya. Dari Sa...